Rabu, 07 Juni 2017

Kemunculan sosok Kraken di Google Earth


Mendengar kata Kraken, pastilah langsung teringat dengan seekor monster laut legendaris berukuran raksasa yang konon mendiami wilayah lautan Norwegia dan Islandia. 

Makhluk ini dikatakan dapat dengan mudah menghancurkan sebuah kapal dengan menggunakan tentakelnya dan kemudian menarik kapal tersebut ke dasar laut.

kraken hoax
Ilustrasi ketika Kraken menyerang sebuah kapal laut

Pada tanggal 9 April 2016 lalu, muncul sebuah berita yang mengatakan bahwa ada seseorang yang berhasil melihat sosok kraken yang ia lihat pada kordinat 63°2'56.73"S 60°57'32.38"W di Google Earth.

Lokasi di mana dia melihat sosok yang diduga kraken ini berada di lepas pantai pulau Deception di dekat Antartika. 


Objek yang ada pada gambar tersebut diduga adalah bentuk kepala dari kraken yang keluar dari permukaan air.


kraken hoax

Objek ini dikatakan memiliki ukuran lebih dari 30 meter, bahkan ada yang mengatakan ukurannya mencapai kurang lebih 60 meter karena seperti yang terlihat di gambar, bagian yang muncul hanya kepalanya saja dan jika dihitung secara keseluruhan, bisa saja panjangnya mencapai sekitar 60 meter dan itu termasuk dengan tentakelnya.

Sayangnya, setelah lokasi dari gambar tersebut di periksa, ternyata objek yang sempat diduga kraken tersebut hanyalah sebuah batu layar (sail rock). 


Bentuk batu ini terlihat datar dan tipis, seperti halnya layar pada sebuah kapal. 

Batu ini memiliki tinggi sekitar 30 meter, panjang sekitar 20 meter dengan lebar antara satu sampai dua meter.

kraken hoax
Batu layar (sail rock)

Sebuah sail rock dengan bentuk yang tinggi dan memanjang, bisa saja terlihat seperti cumi-cumi jika dilihat dari sebuah satelit, dan akan terlihat lebih hidup ketika terkena efek dari ombak besar yang mengenai batu tersebut, dan hal ini sering disalahartikan sebagai makhluk hidup bagi beberapa orang yang menggunakan Google Earth.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar