Selasa, 02 Mei 2017

Penampakan Suku Mante yang tertangkap kamera di hutan Aceh


Pada bulan Maret lalu, media sosial dihebohkan dengan munculnya video yang menampilkan sosok manusia bertubuh pendek yang ditemukan oleh beberapa pengendara motor trail yang sedang melaju di pedalaman hutan Aceh.


Banyak yang beranggapan bahwa manusia bertubuh pendek yang muncul dalam video tersebut merupakan Suku Mante. 


Suku Mante dianggap sebagai suku tertua orang Aceh yang keberadaanya masih misterius sampai sekarang ini.

suku mante
Sosok yang diduga Suku Mante yang tertangkap kamera

Berikut kronologi kejadian ini : 

Beberapa orang yang menggunakan motor Trail sedang melaju di kawasan yang penuh dengan hutan, tiba - tiba dari arah kanan muncul sesosok manusia pendek yang terlihat sedang membawa kayu yang muncul dari semak - semak, yang kemudian berjalan ke tengah jalan yang akan dilalui beberapa pengendara motor tadi. 

Salah seorang pengendara motor terjatuh ketika melihat makhluk ini dan tidak lama setelah itu makhluk ini pun langsung berlari dengan sangat kencang. 

Salah seorang pengendara yang memakai kamera di helmnya pun langsung mengejarnya. Ketika sedang berusaha mengerjarnya, makhluk ini berbelok ke arah kiri di mana terdapat semak - semak yang tinggi disertai alang - alang, dan ketika itu pula para pengendara motor ini kehilangan jejaknya dan tidak berhasil untuk mengejar makhluk ini.

Suku Mante adalah salah satu suku awal yang disebutkan dalam legenda, dan merupakan etnik pembentuk Suku Aceh yang ada sekarang hingga sekarang ini. 


Suku ini awalnya menetap di wilayah sekitar Aceh Besar dan tinggal di pedalaman hutan. 

Dalam legenda Aceh, Suku Mante dan Suku Batak disebut sebagai salah satu kelompok penduduk asli Aceh. 

Keberadaan suku ini masih menjadi misteri karena belum adanya bukti kuat bahwa suku ini masih hidup atau sudah punah. 

Kebanyakan bukti tentang Suku Mante ini hanya berupa penemuan jejak kaki berukuran kecil dan pengakuan dari beberapa orang yang mengaku pernah melihatnya, namun bukti tersebut masih sulit untuk dipercaya.

Menurut arkeolog Universitas Syiah Kuala Banda Aceh bernama Husaini Ibrahim, Suku Mante ini asalnya dari Aceh Besar, namun karena terdesak kehadiran pendatang, mereka memilih mengungsi ke dalam hutan.

Ciri - ciri Suku Mante ini di antaranya adalah memiliki tubuh kecil (tinggi rata - rata 60 cm dan yang paling tinggi sekitar 1 meter ), berbulu halus, memiliki kulit cerah, rambut yang terurai, sebagian besar bertelanjang, sedikit bungkuk, membawa tongkat kayu menyerupai tombak untuk berburu makanan, ahli menyelam dalam air dan memiliki kemampuan berlari yang cepat.

Suku Mante menjadikan gua - gua sebagai tempat tinggal mereka, dan akan berada di alur - alur sungai dalam lembah jika siang hari. 


Tempat tingggal suku ini diketahui suka berpindah - pindah. 

Jika bertemu dengan manusia, mereka akan merasa ketakutan dan memilih untuk melarikan diri.

Dengan kemunculan video ini, banyak masyarakat yang percaya bahwa Suku Mante masih hidup dan lebih memilih untuk bersembunyi di pedalaman hutan Aceh.

Berikut screenshot beberapa gambar penampakan Suku Mante yang diambil dari video yang diunggah oleh akun youtube Fredography.

suku mante

suku mante

suku mante

suku mante

suku mante

suku mante

Lokasi tempat ditemukannya Suku Mante ini tidak diketahui, karena pemilik dari video tersebut tidak ingin membicarakannya. 


Banyak yang memuji tindakan tersebut karena dengan begitu, keberadaan Suku Mante tidak akan terganggu dan terusik oleh manusia, dan suku ini bisa hidup dengan damai dan tenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar