Senin, 29 Mei 2017

Monster laut di sungai Islandia, hoax ? - (Updated !!!)


Pada bulan Februari tahun 2012 lalu, beredar sebuah video yang diklaim memperlihatkan sosok monster yang sedang berenang di sungai yang dipenuhi oleh es di Islandia. 

Beberapa penduduk setempat percaya jika sosok yang terekam kamera tersebut ada kaitannya dengan legenda cacing raksasa atau biasa disebut Lagarfljótsormurinn.

monster laut islandia

monster laut islandia

Sedikit penjelasan mengenai Lagarfljótsormurinn.

Lagarfljótsormurinn atau biasa disebut dengan monster cacing Islandia adalah makhluk cryptid yang dipercaya tinggal di Danau Lagarfljót di kota Egilsstaðir. 


Makhluk ini telah menampakan diri sejak tahun 1345, dan terus berlanjut hingga kini, termasuk di tahun 2012, ketika seseorang berhasil merekam makhluk ini ketika sedang berenang.

monster laut islandia
Ilustrasi Lagarfljótsormurinn

Makhluk ini digambarkan memiliki panjang sekitar 12 meter dan tinggal di sekitar Danau Lagarfljót. 


Selain di danau, terkadang makhluk ini juga dilaporkan berada di daratan, untuk sekedar berbaring, melingkar atau merayap di antara pepohonan.

monster laut islandia
Danau Lagarfljót

Legenda ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1862 oleh Jón Árnason dan penampakannya dianggap sebagai pertanda peristiwa besar yang berhubungan dengan bencana alam.

Jón Árnason

Kembali pada penampakan makhluk ini, video ini direkam oleh Hjörtur Kjerúlf. 


Kejadian ini terjadi sewaktu ia sedang berada di dapur untuk meminum kopi, ketika ia melihat ke arah sungai dari jendela dapurnya, ia melihat pemandangan aneh di sungai. Kemudian dia pun pergi keluar untuk merekamnya.

Ketika video ini diunggah ke media sosial, video ini langsung menjadi populer dan beberapa orang yakin bahwa kemunculan makhluk ini sebagai bukti kuat bahwa legenda Lagarfljot itu memang nyata, dan makhluk ini memang menghuni perairan di sana.

Pada awalnya, para ahli di sekitar danau legendaris ini mengatakan bahwa rekaman video tersebut palsu, tetapi setelah dilakukan analisa yang lebih serius, mereka pun yakin bahwa rekaman tersebut asli.

Para ahli mengatakan bahwa ini bisa jadi hanya sepotong kain atau jaring ikan yang tersangkut pada sebuah cabang atau benda di bawah air pada sungai yang mengalir dengan cepat.

Hal ini dikarenakan ketika dilakukan analisa beberapa gambar di waktu yang berbeda, hasil dari analisa tersebut menunjukan bahwa benda atau makhluk tersebut tidak bergerak sama sekali.


Mengapa objek ini terlihat bergerak meliuk-liuk seperti ular, karena air yang mengalir di sungai tersebut bergerak cepat, dan akan memberikan efek pada sebuah benda yang bersifat fleksibel. 

Terlebih jika benda tersebut tersangkut dan memiliki ukuran yang panjang, maka efek yang ditimbulkan akan mirip dengan gerakan seekor ular yang sedang berenang.

Dugaan ini diperkuat dengan pernyataan dari Hjörtur Kjerúlf (orang yang merekam kejadian ini). 


Dia mengatakan bahwa ketika ia melihat monster itu berada di sungai, ia sedang meminum kopi, dan setelah menghabiskan minumannya, ia melihat ke arah monster tadi dan rupanya monster tersebut masih terlihat dan berada pada tempat yang sama. 

Ini menunjukan bahwa objek tersebut tidak bergerak dari tempatnya, bahkan ia sempat mengambil gambar dari sudut pandang yang berbeda dan hasilnya pun objek tersebut tetap tidak menunjukan adanya pergerakan.

Hjörtur Kjerúlf bersama Villi naglbítur

Berdasarkan pernyataan 
Hjörtur Kjerúlf, nampaknya objek yang ada pada video tersebut bukanlah makhluk hidup, melainkan hanyalah sebuah benda mati, bisa jadi itu sebuah kain ataupun jaring ikan yang tersangkut pada sebuah benda di dalam air.

Saya lebih menduga objek yang ada pada video tersebut adalah sejenis jaring atau perangkap ikan yang memiliki bentuk seperti di bawah ini :

monster laut islandia

Gambar di bawah ini adalah dugaan saya, jika benda tersebut adalah semacam jaring ikan.

monster laut islandia

Di bawah ini adalah video pertama yang diambil pada bulan Februari 2012.



Sedangkan video di bawah ini adalah video kedua yang diambil pada bulan Maret 2012 dengan sudut pandang yang berbeda dari video pertama.


Update Info !!!
(Kamis, 29 Juni 2017)

Untuk mendapat penjelasan dan jawaban mengenai kejadian ini, bisa dengan melihat kejadian yang hampir sama dalam postingan berikut ini : Objek misterius di Sungai Saskatchewan Terungkap.

1 komentar:

  1. Thanks for info, jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2OMBhBm

    BalasHapus