Rabu, 17 Mei 2017

Misteri Monster Pulau Canvey Terungkap ?


Di lepas pantai Pulau Canvey, Britania Raya pada November 1953 ditemukan makhluk dengan bentuk yang cukup menyeramkan. Makhluk tersebut lebih sering disebut dengan sebutan Monster Pulau Canvey.

Monster ini adalah salah satu makhluk cryptid seperti halnya Monster Loch Ness, Yeti, dan BigFoot


Monster Pulau Canvey merupakan sebuah julukan yang di berikan kepada dua bangkai misterius yang ditemukan pada bulan November 1953 dan bulan Agustus 1954 di Pulau Canvey, Inggris. 

Makhluk ini diduga sebagai sejenis ikan atau katak sepanjang 76cm, berkulit kemerahan, memiliki insang dan memiliki dua kaki. Bangkai kedua hewan ini segera dikremasi karena dianggap berbahaya dan penampakan makhluk - makhluk itu hingga kini masih terlihat di lokasi tersebut.

Di bawah ini adalah ilustrasi dari monster Pulau Canvey.

monster pulau canvey

monster pulau canvey

Makhluk yang ditemukan pada tahun 1953 memiliki panjang sekitar 76 cm dengan kulit tebal coklat kemerahan, mata menonjol, dan memiliki insang. Makhluk ini juga dideskripsikan memiliki kaki belakang dengan lima jari, tapak mirip kapal kuda, dengan dua jari yang menunjukan makhluk ini berjalan dengan dua kaki, namun tidak ditemukan kaki depannya.

monster pulau canvey
Foto Monster Pulau Canvey

monster pulau canvey
Surat Kabar yang memberitakan
kemunculan makhluk ini

Sedangkan yang kedua ditemukan pada 1954 dengan ukuran yang lebih besar sekitar 120cm dan memiliki berat 11,3 kg. Makhluk itu belum membusuk, sehingga bisa diambil sampel dari mata, hidung dan giginya. Namun, tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai apa yang terjadi dengan bangkai tersebut.

Beberapa spekulasi pun muncul mengenai jenis makhluk, ada yang mengatakan hewan ini sejenis anglerfish, yang di mana bentuk siripnya sering dikira sebagai kaki hewan tersebut. 


monster pulau canvey
Ikan Anglerfish, biasa hidup di kedalaman laut yang sangat gelap

Yang lainnya mengatakan hewan ini bisa jadi seekor frogfish, yang dapat berjalan dengan sirip yang menyerupai kaki, memiliki mata menonjol dan memiliki warna yang bervariasi.

monster pulau canvey
Ikan Frogfish, memiliki dua kaki untuk membantunya berjalan di dasar laut

Jika dibandingkan dengan anglerfish, ikan Frogfish bisa dikatakan lebih masuk akal terutama karena ikan ini memiliki dua kaki yang biasa ikan ini gunakan untuk berjalan, sedangkan ikan Anglerfish tidak mempunyai kaki sehingga tidak cocok dengan ciri - ciri dari monster canvey. 


Tetapi ada satu lagi jenis hewan yang memiliki bentuk fisik yang sangat mirip dengan foto monster canvey di atas, hewan tersebut bernama Ikan monkfish.

Ikan monkfish adalah ikan karnivora yang memiliki mulut besar dan bergigi tajam. Ikan ini dapat menyelam hingga ke dasar laut untuk menyerang ikan lain dengan cara mulut yang sedikit menghadap ke atas. 


Di bagian atas mulut ikan ini terdapat antena yang bisa digerakan sebagai umpan untuk menarik perhatian mangsa, dan ikan ini juga sering naik ke permukaan laut untuk menyerang burung laut.

monster pulau canvey
Ikan monkfish

monster pulau canvey
Ikan Monkfish yang tengah berada di daratan

Ikan berwujud aneh ini merupakan penghuni bawah laut yang berhabitat di Samudra Arktik, Samudra Pasifik, Samudra Hindia, Samudra Atlantik dan Laut Mediterania. Penampilan ikan ini sangat mencolok terutama di bagian kepala yang besar dan lebar.

monster pulau canvey
Beberapa kesamaan bentuk dari ikan Monkfish dengan monster Canvey.
Mulai Dari bentuk mulut, bentuk sirip, bentuk ekor dan posisi mata

Dengan begitu, sepertinya monster yang berada di pulau Canvey bukan lagi sebuah misteri. Karena, sosok monster yang sempat tidak dikenali oleh orang banyak ini, sekarang dapat dikenali sehingga rasa penasaran masyarakat pun dapat terjawabkan.

2 komentar:

  1. Monster yg ada di foto itu jelas ikan stargayzer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama kali saya melihat bangkai ini, saya sempat menduga bahwa ikan ini adalah ikan Stargazer. Tetapi saya lebih yakin jika bangkai itu adalah jenis ikan Monkfish. Bentuk tubuh ikan stargazer terlihat lebih menggembung jika dibandingkan dengan ikan monkfish yang terlihat lebih tipis. Walaupun kedua ikan ini hampir terlihat sama, saya lebih memilih ikan monkfish sebagai ikan yang dulu pernah dianggap sebagai monster dari pulau Canvey.

      Hapus