Kamis, 04 Mei 2017

Benarkah Objek Misterius yang terlihat di Langit Tasmania adalah UFO ?


Sebuah objek terang yang terlihat seperti bola api terlihat di Hobart, Tasmania. Objek tersebut terlihat mengeluarkan jejak berwarna orange yang memanjang dan meninggalkan bekas yang terbagi menjadi dua di langit Tasmania.

Masyarakat percaya bahwa objek tersebut merupakan ufo yang sedang melintasi kawasan tersebut, sedangkan beberapa orang lainnya percaya bahwa itu merupakan komet yang akan jatuh ke bumi.


Berikut screenshot yang diambil dari video yang diunggah Lee - Ann Peters :

ufo di tasmania

Dan jika masih penasaran, bisa dilihat melalui video di bawah ini :



Ada yang mengatakan bahwa objek ini hanya diam di langit, namun kenyataanya objek ini tidak diam, melainkan bergerak tetapi karena ketinggian objek ini sangat jauh dari permukaan bumi, menjadikan objek ini terlihat diam.

Dilansir situs abc.net.au, The federal air navigation services provider Airservices Australia mengkonfirmasi bahwa objek yang tertangkap kamera di Tasmania Selatan pada Selasa pagi itu tidak lain hanyalah sebuah pesawat yang sedang melewati wilayah udara Australia. 


Banyak masyarakat yang masih tidak percaya dengan apa yang dikatakan Airservices Australia tersebut, dan lebih memilih kesimpulan berdasarkan pendapat mereka masing - masing.

Ada yang mengatakan bahwa objek ini adalah komet atau meteor yang akan jatuh ke bumi. 


Tetapi, ciri-ciri objek tersebut sangat berbeda dengan meteor atau komet yang jatuh ke bumi. 

Sebagai contohnya, jika meteor jatuh ke bumi, cahaya yang dapat dilihat sangatlah terang, terkadang bergerak sangat cepat dan karena meteor bergesekan dengan atmosfir bumi, tidak jarang sebuah meteor akan lenyap terlebih dahulu di langit sebelum menyentuh permukaan bumi.

ufo di tasmania
Meteor yang jatuh di wilayah Chelyabinsk di Rusia

ufo di tasmania
Meteor yang jatuh di wilayah Pegunungan Ural di Rusia

Pada bagian inti dari meteor tersebut terlihat sangat terang dan ini sangat berbeda dengan objek yang ada pada video. 


Di video tersebut, objek ini tidak terlalu terang dan dapat dipastikan bahwa objek ini bukan meteor.

ufo di tasmania

Dugaan ini diperkuat dengan pernyataan dari David Finlay (Australian Meteor Reports) yang mengatakan bahwa dia tidak menerima adanya aktivitas meteor yang terjadi di Tasmania.

Selain sebagai meteor, banyak yang mempercayai objek tersebut sebagai ufo (Unidentified Flying Object) yang sedang terbang melintasi wilayah tersebut. 


Beberapa komentar mengenai kejadian ini :

"Gerakannya sangat lambat, tidak seperti jet kekuatan tinggi yang pernah saya lihat sebelumnya. Saya mengambil teropong dan berpikir itu pastilah meteorit. Saya yakin itu adalah sesuatu yang terbakar dari luar angkasa...tetapi sekarang, saya yakin kalau itu hanya pesawat dengan matahari terbit yang menyoroti contrail nya," kata Ms.Peters.

Bahkan ada yang menghubungkannya dengan alien, seperti :

"Tidak akan ada lagi populasi yang terasingkan untuk mempercayai alien." ujar seorang pengguna facebook.

"Pemerintah hanya menutupinya seperti kejadian di Roswell. Pemerintah berdarah reptil." ujar pengguna yang lain dengan nada kesal.

"ini bukanlah sebuah pesawat, sadarlah kalian...Pesawat tidak meninggalkan nyala api, jadi bagaimana dengan kalian membuka mata dan melihat dari perspektif lain." tulis seorang skeptis yang sangat marah.

Dari beberapa komentar di atas, mungkin pernyataan dari David Finlay bisa menjadi jawaban dari kejadian ini. 


Dia mengatakan :

"Hal ini adalah hal biasa di mana orang mengira contrail pesawat adalah sebuah meteor, terutama di sore hari dan langit barat, saat matahari terbenam. Saya telah melihat beberapa orang yang melihat contrail dan mereka mengira (telah) melihat komet." ujar Finlay.

Setelah melihat video ini, dia mengatakan : "Sebuah video yang indah dari Contrail A380."

Airbus 380 adalah sebuah pesawat berbadan lebar dua tingkat yang juga merupakan pesawat komersial (pesawat penumpang) terbesar yang pernah dibuat (dijuluki sebagai Superjumbo).

ufo di tasmania
Emirates Airbus 380

Jejak berwarna orange di sekitar objek yang ada dalam video tersebut disebut contrail. 

Contrail ini dapat berbentuk tebal, tipis, panjang maupun pendek tergantung seberapa ketinggian pesawat terbang, suhu serta kelembapan atmosfer. 

Contrail juga dapat digunakan untuk memprediksi cuaca, misalnya jika contrail tipis menunjukan kelembapan udara rendah di dataran tinggi menandakan cuaca cerah, sedangkan jika contrail tebal dan tahan lama menandakan udara lembab di dataran tinggi dan menjadi indikator awal terjadi sebuah badai.

ufo di tasmania
Pesawat dengan Contrails

Objek yang ada pada video di atas hampir sama dengan foto pesawat di bawah ini :

ufo di tasmania

Dan jika foto pesawat di atas diperjelas akan terlihat seperti ini :

ufo di tasmania

Foto lain yang menunjukan sebuah pesawat dengan contrail berwarna orange :

ufo di tasmania

Jika diperhatikan lebih dekat, di tengah objek ini terlihat sebuah lampu yang berkelip - kelip yang menandakan bahwa ini bisa jadi pesawat terbang. 


Berikut ini screenshot nya :

Objek yang ditandai terlihat berkedip - kedip, bisa dikatakan objek tersebut adalah lampu dari sebuah pesawat terbang

Setelah melihat foto di atas, sepertinya objek tersebut adalah beacon light yang digunakan sebagai panduan navigasi pada pesawat yang dapat terlihat dari jauh, sekaligus sebagai pertanda bahwa ada pesawat yang sedang mengudara.


Lampu ini membantu pesawat untuk mengetahui keberadaan pesawat lain di udara.

ufo di tasmania

Dengan begitu, objek ini dapat dipastikan bukanlah meteor, ufo atau pesawat terbakar, melainkan hanya pesawat terbang biasa yang sedang melintasi kawasan tersebut.

Dugaan ini semakin diperkuat oleh pernyataan Flight Radar 24 bahwa Emirates Airbus A380 berangkat dari Dubai menuju Auckland, kemudian melewati Australia pada pukul 6.30 pagi, tepat saat benda itu dilihat dan diduga sebagai ufo. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar