Minggu, 23 April 2017

Penjelasan Foto Penampakan Ikan Misterius di Danau Kerinci (Updated !!!)


Pada bulan Agustus tahun lalu, muncul sebuah foto tentang penampakan ikan misterius di Danau Kerinci yang terletak di Provinsi Jambi, lebih tepatnya di kabupaten kerinci.

Kemunculan ikan misterius tersebut berasal dari akun Facebook Budi Santoso yang menggungahnya ke media sosial. 


Di dalam foto tersebut, terlihat sangat jelas seekor ikan yang sedang berada permukaan air dengan ukuran yang besar, berkepala besar dan panjang, terlihat memiliki sisik tajam yang tebal dan mempunyai panjang lebih dari 2 meter.

ikan misterius di danau kerinci
Foto Penampakan ikan misterius di Danau Kerinci

Beragam tanggapan muncul dengan adanya kemunculan foto ini, ada yang mempercayainya dengan beranggapan bahwa ikan ini adalah ikan purba yang sedang muncul ke atas permukaan danau, ada juga yang tidak mempercayainya dengan mengatakan foto tersebut hanya hoax, bahkan beberapa warga setempat percaya bahwa kemunculan ikan misterius ini sebagai pertanda buruk.

ikan misterius di danau kerinci
Danau Kerinci yang terletak di Provinsi Jambi

Danau ini terkenal dengan legenda tentang seekor naga raksasa bernama Calungga yang berdiam di dasar danau.

Apakah kemunculan ikan misterius ini ada hubungannya dengan legenda tentang naga yang selama ini bersembunyi di dasar danau yang ingin menunjukan eksistensinya ke masyarakat sekitar ?

Sepertinya dugaan di atas salah, karena ikan yang ada di foto tersebut bukanlah naga melainkan seekor ikan yang keberadaanya semakin punah.

Ikan yang sempat membuat heboh warga di sekitar Danau Kerinci tersebut adalah ikan sturgeon

ikan misterius di danau kerinci
Ikan Sturgeon

Sturgeon adalah famili ikan bertulang tertua yang masih hidup hingga saat ini, yang mendiami sungai, danau dan pantai di subtropis, iklim sedang dan subarktik sepanjang Eurasia dan Amerika Utara. 


Ikan sturgeon rata - rata memiliki panjang mulai dari 2 sampai dengan 3,5 meter bahkan ada beberapa spesies yang dapat tumbuh hingga 5,5 meter.

ikan misterius di danau kerinci
Foto Ikan sturgeon

Ikan sturgeon termasuk jenis ikan purbakala karena konon ikan ini hidup di sekitar periode Jurassic. 


Ikan terbesar dari keluarga sturgeon adalah beluga (Huso huso) di Laut Kaspia, yang dapat tumbuh hingga 5,5 meter.

ikan misterius di danau kerinci
Beberapa orang yang berhasil menangkap ikan sturgeon yang berukuran besar

Keberadaan ikan ini tergolong hampir punah, karena seringnya dimanfaatkan oleh manusia sebagai hidangan mewah untuk disantap. Hal ini dikarenakan ikan sturgeon menghasilkan telur yang dikenal sebagai kaviar (sejenis makanan dari bahan telur) yang sangat mahal.

Jika kita perhatikan kembali foto di atas, terdapat kesamaan bentuk dengan ikan sturgeon :

Dari Bentuk fisik terlihat sekali sangat sama persis, mulai dari bentuk kepala, badan, pola scute dan ekor yang sangat mirip.

ikan misterius di danau kerinci
Ikan sturgeon yang berada di pinggir danau

Di bagian tubuhnya terdapat pola Scute yang sama.

Scute adalah tonjolan kulit ke arah luar yang berasal dari sisik pada ikan bertulang keras.
ikan misterius di danau kerinci
ikan misterius di danau kerinci

Mungkin dengan adanya kesamaan di atas, dapat disimpulkan bahwa ikan di atas bukanlah ikan misterius atau berhubungannya dengan naga yang konon mendiami danau tersebut, karena sudah dapat dipastikan bahwa penampakan di atas hanya kemunculan ikan sturgeon biasa.


Tetapi, yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apakah benar foto tersebut diambil di Danau Kerinci yang terletak di Indonesia ?, mengingat Indonesia bukan habitat asli tempat berkembangnya ikan sturgeon.

Walaupun lokasi foto penampakan ini masih tidak diketahui asalnya, setidaknya kita sudah dapat mengetahui jenis ikan yang ada dalam foto tersebut, dan bukan lagi ikan misterius seperti yang diberitakan media online.

Update Info !!!
(Jum'at, 23 Juni 2017)

Setelah saya cari dari berbagai sumber yang ada di internet, ternyata foto tersebut diunggah oleh seorang akun Facebook yang bernama Michael Collins, yang dia upload melalui Facebook miliknya.

Berikut ini screenshot yang saya ambil melalui handphone tentang foto yang ia unggah di Facebook.

ikan misterius di danau kerinci
Screenshot yang diambil dari akun Facebook Michael Collins

Jika diartikan menjadi : "Melihat ikan ini di Winnebago siang ini, apakah ini sturgeon? panjangnya pastilah 12 sampai 14 kaki."

Winnebago adalah danau air tawar di negara Wisconsin, Amerika Serikat. 


Selain berlokasi di Winnebago, foto ini juga muncul kembali tetapi dengan lokasi yang berbeda.

ikan misterius di danau kerinci
Foto ikan yang sama namun dengan lokasi 
yang berbeda, kali ini di Kennebec River

Jika gambar tidak jelas, bisa dengan mengunjungi situs imgur.com

Foto di atas dikatakan diambil di Kennebec River, yang merupakan sungai yang mempunyai panjang 270 km di Maine, sebuah negara bagian Amerika Serikat.

Kesimpulan dari berita di atas adalah berita tentang penampakan ikan misterius yang ada di Danau Kerinci adalah palsu, dan ikan dalam foto tersebut adalah ikan sturgeon.


Karena keberadaanya yang semakin hari semakin punah, siapapun yang baru melihatnya, pastilah mengira jika ikan ini adalah ikan yang aneh dan misterius.

Sebuah situs bernama NBC26.com memuat berita ini dengan judul "Facebook post of giant fish 'a joke' according to poster". 


Di situs tersebut dikatakan bahwa orang yang mengupload foto ini bersama temannya membagikan foto ini sebagai lelucon, yang mengatakan bahwa mereka telah menemukan ikan sturgeon raksasa di Danau Winnebago, di mana postingan ini langsung menjadi viral di Facebook.

Saya tidak mengetahui letak lelucon nya di mana, yang jelas jenis ikan tersebut sudah dapat diidentifikasi. 


Keberadaan ikan sturgeon raksasa masih dapat ditemukan di zaman sekarang ini, hanya saja karena keberadaanya yang terancam punah, menyebabkan ikan ini sangat sulit untuk ditemukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar